Ada 5 Cara Lebih Untuk Menghilangkan Bau Mulut

Aleksander Adriyansyah - Pengobatan bau mulut, Bau mulut merupakan masalah kesehatan yang umum terjadi di masyarakat. Bau mulut bisa disebabkan oleh beberapa alasan. Penyebab utamanya adalah adanya bakteri anaerob pada biofilm yang terbentuk di lidah. Bakteri ini memecah protein. dalam makanan, menghasilkan beberapa emisi seperti hidrogen sulfida, skatole dll.

Bau mulut di pagi hari diamati di hampir semua orang. Hal ini dapat dikontrol dengan kebersihan mulut yang baik. Bahkan setelah membersihkan mulut, beberapa orang mungkin mengalami bau mulut karena masalah di mulut atau sekitarnya. Beberapa penyakit umum juga dapat menyebabkan bau mulut. Penyebab pastinya harus ditemukan dan diobati dengan tepat. Berikut adalah beberapa tindakan umum untuk memperbaiki atau mengurangi bau mulut.

1) Kebersihan mulut:

Untuk mengurangi aktivitas bakteri, mulut harus dibersihkan setiap waktu. Sangat penting untuk berkumur dengan air hangat setelah makan. Bahkan setelah makanan kecil seperti makanan ringan, permen, tas, harus dibersihkan dengan air. Menyikat harus dilakukan dua kali sehari. Mereka mengatakan menyikat pagi untuk kecantikan dan menyikat sebelum tidur untuk kesehatan.

2) Teknik menyikat:

Untuk hasil yang lebih baik, teknik menyikat yang normal harus diikuti. Banyak orang menyikat dengan keras dan merusak gusi mereka. Menyikat setelah setiap makan dan minum dapat merusak enamel. Bulu sikat gigi harus halus, tetapi cukup keras untuk menghilangkan camilan dari bilahnya, yang terpenting adalah arah menyikat, gigi atas harus disikat ke bawah dan gigi bawah harus disikat ke atas, ini berlaku untuk keduanya. gigi bagian dalam dan luar. permukaan Berikutnya adalah mahkota gigi. gigi; di sini menyikat dilakukan bolak-balik, menjaga sikat pada arah yang sama. Ini berlaku untuk gigi atas dan bawah.

3) Membersihkan lidah:

Lapisan putih atau kekuningan pada lidah dapat menyebabkan bau mulut. Itu lebih terlihat di pagi hari dan harus dihilangkan dua kali sehari dengan pembersih lidah. Pembersih lidah harus digunakan dengan lembut tanpa merusak indera perasa lidah.

4) Tusuk Gigi:

Tusuk gigi adalah sepotong kecil kayu atau plastik dengan ujung yang lancip. Ini digunakan untuk menghilangkan partikel makanan yang tersangkut di ruang. Sangat berguna setelah makan daging dan ikan.Gunakan dengan hati-hati agar tidak merusak gusi.

5) Berkumur:

Berkumur dengan air hangat setelah makan bermanfaat. Untuk hasil yang lebih baik, larutkan sedikit garam dalam air hangat. Berbagai jenis obat kumur tersedia di pasaran dengan berbagai merek. mengurangi bau mulut.

6) Kebiasaan Makan:

Makanan yang mengandung protein diketahui dapat menyebabkan bau mulut. Contoh; daging, susu, ikan, telur dll. Jika makanan ini tertelan, pembersihan yang tepat diperlukan. Beberapa makanan dapat menghasilkan bau tertentu yang tidak menyenangkan bagi orang lain. Bawang mentah adalah contoh terbaik. Mereka mengatakan apel sehari menjauhkan dokter dan bawang mentah sehari menjauhkan semua tubuh. Bahkan makanan kecil pun bisa menimbulkan bau tak sedap (kacang-kacangan, produk gorengan, dll.). Makan teratur adalah hal yang paling penting.

7) Konsumsi air:

Mulut kering dapat menciptakan kondisi yang menguntungkan bagi kehidupan bakteri, yang menyebabkan bau tidak sedap, air liur diperlukan untuk menjaga kelembapan mulut dan mencegah pertumbuhan bakteri. Produksi air liur berhubungan erat dengan keseimbangan air. tubuh dan dengan demikian air yang cukup harus diambil untuk mempertahankan produksi air liur.

8) Penyegar mulut:

Penyegar mulut alami dan buatan dapat mengurangi intensitas bau mulut sampai batas tertentu. Produk pedas biasanya digunakan untuk ini. Kunyah rempah-rempah seperti ketumbar, jintan, kapulaga, kayu manis, jahe, dll. Semua buah jeruk dapat mengurangi bau mulut. Penyegar mulut dan permen karet tersedia di pasaran. Produk-produk ini juga bermanfaat, tetapi beberapa bisa berbahaya, jadi harus digunakan dengan hati-hati.

Jika hal di atas tidak membantu, apa yang harus dilakukan? Perhatikan hal-hal berikut:

1) Hilangkan penyebabnya:

Bau mulut umum terjadi pada beberapa penyakit umum dan sistemik seperti diabetes, demam, gangguan perut, penyakit hati, dll. Dengan menghilangkan atau mengurangi penyebab yang mendasarinya, bau mulut akan hilang. jauh secara otomatis

2) Pengobatan modern:

Jika bau mulut disebabkan oleh infeksi, antibiotik yang tepat, obat antijamur atau antivirus akan membantu. Jika disebabkan oleh kondisi peradangan autoimun atau kronis, steroid juga dapat digunakan. Tablet yang menghasilkan air liur juga bisa digunakan.

3) Pembersihan gigi :

Pembersihan gigi yang dilakukan oleh dokter gigi dapat menghilangkan plak dan karang gigi. Hal ini dapat mengurangi keparahan bau mulut. Kunjungi dokter gigi Anda setidaknya setahun sekali.

4) Mengisi karies:

Karena karies adalah salah satu penyebab utama bau mulut, maka harus ditangani oleh dokter gigi. Dulu amalgam perak digunakan, sekarang diganti bahan sintetis... Jika karies mempengaruhi rongga pulpa, perawatan saluran akar dapat dilakukan.

5) Pencabutan Gigi:

Jika lubangnya dalam dan giginya hancur, itu adalah pilihan yang lebih baik dan implan gigi dapat disimpan di dalam rongga gigi.

6) Tonsilektomi:

Pasien dengan tonsilitis berulang mungkin memiliki bau mulut karena tempat tidur beracun dan pelepasan zat pucat dari kriptus tonsil. Pasien seperti itu sangat lega setelah tonsilektomi. 

7) Konseling psikologis:

Penderita bau mulut bisa sangat tertekan dan menarik diri dari masyarakat. Isolasi ini membuat aktivitas sehari-hari mereka menjadi sulit. Orang-orang seperti itu harus memahami bahwa semua orang memiliki bau mulut, tetapi dengan perbedaan intensitas yang kecil. Kebanyakan orang mengendalikannya dengan mengikuti perawatan pribadi. Tubuh setiap orang memiliki baunya sendiri-sendiri, yang mungkin dapat ditoleransi atau tidak dapat ditoleransi oleh orang lain. Mereka harus dinasihati. lakukan semua tindakan higienis untuk mengurangi intensitas bau. kualitas hidup dengan cara apapun juga dapat membantu. Orang-orang seperti itu membutuhkan dukungan moral dari teman dan anggota keluarga.

Beberapa orang pergi ke dokter karena bau mulut tanpa masalah serius. Itu terkandung dalam somatisasi

0 Response to "Ada 5 Cara Lebih Untuk Menghilangkan Bau Mulut"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel